Welcome My Blog ^^

hii...jangan lupa komennya ea.... ^.^b sankyu

my story

Selasa, 23 Maret 2010

lembaga sosial smester 2

Mata Kuliah : Lembaga Sosial.
Tugas : Mengemukakan Definisi Lembaga Sosial dari Beberapa Tokoh Sosiologi.

Lembaga Kemasyarakatan (Lembaga Sosial) merupakan terjemahan langsung dari istilah asing social-institution atau pranat sosial. Ada pula yang menggunakan istilah bangunan sosial untuk menggambarkan bentuk dan susunan lembaga sosial. Sedangkan definisi lembaga sosial menurut para tokoh sosiologi adalah sebagai berikut :
1. Koenjaraningrat : Suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas – aktivitas untuk memenuhi kompleks – kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.
-Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi, (Jakarta: Penerbit Universitas,1964 ) Hlm.113-
2. Soerjono Soekanto : Merupakan himpunan norma – norma segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat
-Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007) Hlm.172-
3. Robert Mac Iver dan Charles H. Page : Sebagai tata cara atau prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang berkelompok dalam suatu kelompok kemasyarakatan yang dinamakan Asosiasi.
-Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007) Hlm.172-
4. Leopold Von Wiese dan Howard Becker : Suatu jaringan proses – proses hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia yang berfungsi untuk memelihara hubungan – hubungan tersebut serta pola – polanya, sesuai dengan kepentingan – kepentingan manusia dan kelompoknya.
-Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007) Hlm.173-
5. Sumner : Sebagai hasil perbuatan, cita – cita, sikap dan perlengkapan kebudayaan, bersifat kekal serta bertujuan memenuhi kebutuhan – kebutuhan masyarakat.
-Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007) Hlm.173-
6. Paul B Horton dan Chester L. Hunt : Sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting atau sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang berkisar pada kegiatan pokok manusia.
-Tim Sosiologi, Sosiologi Suatu Kajian Masyarakat, (Jakarta: Balai Pustaka) Hlm. 38-
7. Bruce J. Cohen : sistem pola sosial yang tersusun rapi dan secara berkala relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.
-Tim Sosiologi, Sosiologi Suatu Kajian Masyarakat, (Jakarta: Balai Pustaka) Hlm. 38-
8. Broom dan Selznick : Perkembangan susunan - susunan yang tertib, mengintegrasikan dari aksi-aksi yang tidak stabil, berpola tidak tertentu. Sehingga walaupun tidak terikat secara eksplisit, namun mereka terikat secara implisit.
http://makalahpaimin.blogspot.com/2009/04/lembaga-sosial.html
9. Ogburn dan Nimkoff : bahwa tiap garis perpisahan yang jelas diantara lembaga dan asosialisasi, kecuali bahwa pada umumnya lembaga-lembaga bersifat lebih penting.
http://makalahpaimin.blogspot.com/2009/04/lembaga-sosial.html
10. Acuff, Allen dan Taylor : Merupakan norma - norma yang berintegrasi disekitar suatu fungsi masyarakat yang penting.
http://makalahpaimin.blogspot.com/2009/04/lembaga-sosial.html

Dari contoh – contoh definisi diatas terdapat 2 kesimpulan yang sangat dominan. Yaitu :
o Lembaga sosial adalah seperangkat ketentuan, aturan, atau norma sosial yang sudah sedemikian mendalam sehingga keberadaannya berkaitan, bergantung, mempengaruhi dan disepakati dengan rasa tanggung jawab oleh seluruh anggota masyarakatnya.
o Lembaga sosial mengatur berbagai pola kehidupan tertentu dalam masyarakat. Misalnya : dalam keluarga dan kekerabatan, bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang politik, bidang kesenian dan rekreasi yang dapat dibentuk, diubah, dan dipertahankan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat agar berjalan dengan tertib dan teratur.




Daftar Pustaka
o Koentjaraningrat. 1964. Pengantar Antropologi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
o Soerjono Soekanto. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
o Tim Sosiologi. 2006. Sosiologi Suatu Kajian Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka


Nama.2002.”Judul Makalah”(online),(http://makalahpaimin.blogspot.com/2009/04/lembaga-sosial.html/,diakses 28 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar